Posted by : nugraha labib mujadid Senin, 26 Desember 2011


Halo, posting lagi nih. Mumpung nggak sibuk. Hehe. OK, kali ini saya akan share sedikit trik komputer (windows).
Yaitu cara menyembunyikan folder. Maksud saya membuat folder menjadi "hidden". Tapi hidden disini beratribut protected by system (diproteksi oleh sistem).
Jadi meskipun mengaktifkan "show hidden file" di folder option, folder yang kita sembunyikan tidak akan muncul.


Ok, mungkin nggak sudah banyak pengantar, langsung saja saya contohkan ya.
Kali ini saya akan menyembunyikan sebuah folder bernama "doc" di dalam flash disk saya.
Pertama buka cmd, tekan start, run, dan ketikkan "cmd" tanpa tanda petik.

OK, yang harus kita lakukan adalah masuk ke drive tempat folder yang akan kita sembunyikan. Karena flash disk saya berada di drive E, maka saya akan ketikkan :E













[klik gambar untuk memperbesar]
Sekarang saya sudah memasuki flash disk, kemudian langkah terakhir adalah membuat folder "doc" tadi menjadi folder yang diproteksi oleh sistem, dengan cara mengetikkan attrib +s +h nama_folder.













Selesai. Sekarang folder "doc" di flash disk saya sudah hilang (disembunyikan).
Oya, satu hal yang harus anda ketahui, bahwa folder ini masih bisa dilihat dengan mengaktifkan "show hide protected operating system files" di folder options (tetapi hal ini jarang dilakukan karena berbahaya).

Untuk mengembalikan folder tadi ke keadaan semula, kita hanya perlu mengganti perintah tadi menjadi attrib -s -h nama_folder. Maka folder akan dimunculkan kembali seperti semula.

Sekian posting singkat kali ini. Semoga bermanfaat.
 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

nugraha labib mujadid. Diberdayakan oleh Blogger.
Selamat Datang Di Blog

Popular Post

Arsip Blog

TRANSLATE

Make Widget
Read more: blog nugraha

- Copyright © Nugraha hackers -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Nugraha Labib M -